5 Tips Penting Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

5 Tips Penting Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

Bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk website?

Hosting adalah sebuah layanan yang biasanya digunakan untuk menyimpan data situs berupa text, gambar, script, dan lainnya. Namun bagi Anda yang baru ingin menggunakannya, pasti bingung dan berfikir “apa sih yang harus diperhatikan ketika memilih hosting untuk blog atau website?”.
Untuk dapat membuat website dengan performa yang baik dengan tingkat keamanan yang tinggi, tak cukup dengan asal pesan hosting dan domain.

Anda semestinya meluangkan waktu lebih untuk memahami jenis-jenis hosting sekaligus spesifikasi hosting yang diberikan, apalagi jika ingin menyewa hosting untuk perusahaan. Dan berikut ini adalah cara memilih hosting yang terbaik untuk kebutuhan website Anda.

Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

Gunakan beberapa tips dibawah ini sebagai parameter dalam memilih hosting agar dapat menunjang keberhasilan Anda dalam mengelola dan mengembangkan sebuah website!

1. Kapasitas Hosting

Jika Anda baru ingin membuat website dari nol, maka sebenarnya tak perlu menggunakan kapasitas hosting yang begitu besar. Namun bukan berarti Anda bisa asal memilih hosting ya!

Perkirakan dalam waktu tertentu hingga masa aktif dari hosting yang Anda beli telah habis akan tetap mampu menampung pengunjung yang masuk.

Biasanya kapasitas penyimpanan yang paling rendah adalah 500MB, namun setidaknya Anda bisa memilih paket yang mempunyai penyimpanan 1GB agar tidak kehabisan ruang saat konten website terus di tambah ataupun untuk keperluan backup.

2. Harga

Harga sebuah paket hosting akan berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi yang diberikan dari sebuah penyedia layanan.

Oleh karena itu, pilihlah dengan matang mana yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan website dan dana yang Anda miliki.

Tak semuanya kok yang dibanderol dengan harga murah itu kualitasnya murahan! Karena saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting lokal termurah dengan kualitas yang sangat mumpuni.

3. Support

Jangan anggap sepele team support layanan hosting, apalagi jika Anda adalah seorang pemula!

Pilihlah hosting yang memiliki customer support 24 jam yang sedia melayani ketika Anda membutuhkan bantuan kapan saja.

Lebih bagus lagi jika memberikan metode yang tak terbatas pada tiket bantuan saja, dan tentunya yang cepat ditanggapi.

Sehingga ketika website Anda mengalami masalah dan tidak bisa di atasi sendiri, maka tim bantuan layanan hosting segera menanggapi keluhan Anda dan masalah pun cepat teratasi.

4. Jumlah Inodes

Jangan mudah terpancing dengan iming-iming hosting unlimited!

Jika tujuan dibuatnya web Anda untuk produksi konten yang banyak, sebaiknya pahami dan perhatikan jumlah inodes yang diberikan ketika memilih hosting.

Biasanya hosting unlimited pun tetap memiliki batasan pada beberapa hal termasuk inodes, jadi sebaiknya Anda cermat dalam memilih paket hosting.

Bahkan jika informasi besarnya inodes tidak ditampilkan, Anda bisa bertanya terlebih dahulu daripada menyesal kemudian karena inodes penuh dan tidak dapat menambah konten.

5. Pilih Penyedia Layanan Yang Terkenal Dengan Kualitasnya

Penyedia layanan hosting terbaik tentu saja memiliki layanan yang baik. Begitu juga layanan yang baik, tentu saja memiliki review dan kesan yang baik pula.

Ini bisa menjadi parameter untuk menentukan pilihan ketika Anda ingin membeli hosting dan tidak ingin riset terlalu jauh.

Jika takut informasi di internet tidak akurat lantaran khawatir itu adalah hasil promosi berbayar, Anda bisa membuat polling di grup terkait agar mendapatkan suara dari pengguna asli yang sedang ataupun pernah berlangganan.

Parameter Tambahan

Sampai disini sudah paham kan bagaimana cara memilih sebuah layanan hosting yang berkualitas untuk mengoptimalkan performa website?

Kalau masih bingung, dibawah ini ada informasi tambahan nih!

Ketika Anda ingin membuat web dengan target pengunjung misalnya Indonesia, maka pilihan terbaik adalah memilih hosting dengan lokasi server di Indonesia pula.

Jadi, pilih penyedia layanan hosting yang menggunakan control panel yang mudah dioprasikan dan nyaman bagi Anda.

Semakin dekat maka akan semakin baik untuk memaksimalkan akses pengguna ketika mengunjungi web, meskipun Anda menggunakan shared hosting sekalipun.

Selain itu, cek juga control panel hosting yang digunakan. Control panel ini nantinya akan sering Anda gunakan seperti saat ingin menginstall web, menambahkan domain, membuat subdomain, dan semua hal terkait pengelolaan hosting.

Jadi, pilih penyedia layanan hosting yang menggunakan control panel yang mudah dioprasikan dan nyaman bagi Anda.

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu uptime yang dijanjikan. Pilihlah hosting yang memiliki nilai uptime paling tinggi, supaya kemungkinan web Anda offline karena server down akan semakin kecil.

Nah itulah beberapa tips cara memilih hosting untuk website yang bisa Anda gunakan sebelum menentukan pilihan membeli hosting dengan performa terbaik. Jangan lupa baca TOS dari layanan yang ingin Anda gunakan ya!
Internet Web Hosting
Ari
Ari
Director
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.