Featured Post

How to make Pecan Pie

There are few things quite as comforting as a sweet, rich, nutty pecan pie. Looking for the best pecan pie recipe ever?…
How to make Pecan Pie
Tidak ada notifikasi baru.
Appearance
Customize the appearance of the RXHMD Streaming Guide to reduce glare and rest your eyes.

Cara Membuat Website Tanpa Modal Sama Sekali

Cara Membuat Website

 

rxhmadi.com  -  Jaman semakin canggih hampir semua kegiatan pekerjaan manusia sekarang sudah diambil alih oleh mesin, startup technology baru semakin menjamur di indonesia. Kegiatan transaksi jual beli pun semakin di permudah.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana Cara Membuat Website Tanpa Modal sama sekali ya anda tidak salah dengar. Anda bisa membuat website atau blog sederhana tanpa modal sepeserpun. yang anda butuhkan hanya laptop/hp android, internet dan segelas kopi untuk inspirasi hehehe.

sebelum mulai membuat website, yuk pahami dulu poin poin penting berikut ini :

Cara Membuat Website Tanpa Modal Untuk Pemula

Dikutip dari wikipedia, Content Management System adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, memanipulasi dan mengubah isi dari suatu situs web. Anda tidak perlu repot repot mikir bagaimana suatu situs web dibuat atau kode kode pemrograman dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah website. Yang perlu anda pikirkan adalah isi konten website.

Misalnya, anda ingin membuat website pribadi. Jadi, anda harus memikirkan website yang ingin anda buat, mulai dari tampilan (theme) dan menu yang akan ditampilkan pada website. Begitu halnya jika anda ingin membuat sebuah website Toko Online coba pikirkan Barang apa yang ingin anda tampilkan, harga produk, serta tampilan produk dan metode pembayaran. Untuk membuat website gratis ada beragam caranya.

Cara Membuat Website Secara Gratis

Ikuti 6 langkah sederhana berikut ini untuk membuat website gratis:

  1. Menentukan jenis website.
  2. Mengatur hosting dan domain.
  3. Pasang WordPress.
  4. Atur tema dan tampilan.
  5. Sesuaikan plugin yang dibutuhkan.
  6. Optimasi website.

Meskipun cara buat website gratis terbilang mudah, menentukan jenis website yang tepat memerlukan pemikiran yang matang.

Memilih jenis website yang tidak sesuai dengan tujuan awal pembuatannya berpotensi memunculkan banyak pekerjaan dan perubahan yang dapat dihindari.

Saat ini, WordPress digunakan oleh 40% dari seluruh website yang ada di internet. Angka tersebut tidak mengherankan, karena WordPress memang merupakan salah satu Content Management System (CMS) terbaik untuk sebuah website.

1. Tentukan Jenis Website

Saat ini, WordPress digunakan oleh 40% dari seluruh website yang ada di internet. Angka tersebut tidak mengherankan, karena WordPress memang merupakan salah satu Content Management System (CMS) terbaik untuk sebuah website.

Berbeda lagi jika kamu ingin membuat sebuah blog pribadi, maka kamu tak perlu repot-repot memikirkan desain halaman katalog atau mengalokasikan sumber daya untuk mengatur plugin toko online seperti WooCommerce atau PrestaShop.

Berikut adalah beberapa jenis website yang paling umum ditemukan di internet.

  • Website Personal : Jenis website ini pada umumnya dimiliki oleh perorangan sebagai halaman resmi mereka di dunia digital. Website personal atau website pribadi pada umumnya berisi informasi atau opini mengenai topik sehari-hari. Musisi, artis, dan public figure lainnya seringkali memiliki website personal sendiri.

  • Website Toko Online : Seperti namanya, jenis website toko online ini dibuat dengan tujuan untuk berjualan secara online. Produk yang dijual dapat berbentuk barang fisik, digital, atau jasa. Pada umumnya, website toko online memiliki fitur pengamanan transaksi keuangan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  • Blog : Website dengan jenis blog berisi artikel yang informatif dan terkini, sehingga dapat memberikan bacaan yang menarik untuk pengunjungnya. Blog pada umumnya dapat ditemukan di website perorangan ataupun website perusahaan.

  • Website Organisasi dan Instansi : Jenis website ini pada umumnya dimanfaatkan oleh organisasi umum dan instansi pemerintahan sebagai identitas online mereka. Beberapa instansi kenegaraan Indonesia juga memanfaatkan website sebagai portal untuk mengurus data kependudukan.

  • Portal Berita : Website portal berita pada umumnya selalu diperbarui dengan berita-berita terbaru dalam waktu yang singkat, sehingga akan ada banyak sekali tumpukan konten seiring berjalannya waktu.

  • Website Sekolah/Universitas : Jenis website yang satu ini digunakan oleh institusi pendidikan dalam bentuk sekolah atau universitas. Website jenis ini pada umumnya memiliki informasi seperti profil sekolah, kabar terbaru, dan informasi-informasi terkait kegiatan belajar mengajar.

  • Website Regional : Website regional pada umumnya digunakan oleh pemerintahan tingkat kota atau provinsi. Beberapa kota besar di Indonesia telah menggunakan website regional sebagai portal resmi untuk mengakses informasi dan mengurus keperluan kependudukan.

Banyaknya jenis website memang cukup membingungkan, terlebih lagi jika kamu berada dalam tahap perencanaan. Untuk memudahkan kamu dalam memutuskan jenis website terbaik, gunakanlah acuan-acuan berikut :


  • Apa tujuan kamu membuat website gratis?

    Berjualan = toko online
    Menulis opini pribadi = blog
    Menjual jasa atau personal branding = website pribadi
    Berbagi informasi terkini = portal berita
    Mempercepat kemajuan lingkungan = website regional

Cara Membuat Website untuk Pemula

Beralih ke subtopik selanjutnya yang mungkin sudah ditunggu-tunggu yakni cara membuat website itu sendiri. Apakah anda merupakan seorang pemula yang hendak mencoba membuat dan membangun website anda sendiri? Jika iya, mari merapat dan simak penjabaran tentang langkah-langkah cara membuat website di bawah ini!

  1. Kenali komponen dasar dalam membuat website sebelum membuatnya

    Sempatkan untuk membaca terkait dengan penjabaran secara lengkap dari apa itu website, jenis-jenis, dan juga komponen-komponen yang terlibat saat membuatnya. Pastikan anda memahaminya dengan tepat dan benar sebelum memutuskan untuk memulai proses pembuatan website tersebut.


  2. Tentukan tujuan dibuatnya website anda

    Apakah nantinya website anda berfokus pada penyediaan informasi relevan untuk para pengguna atau audiens? Atau nantinya website anda berfokus pada penyediaan hiburan seperti video, animasi, gambar, maupun media penunjang lainnya untuk para pengguna? Tentukan tujuan dari pembuatan website mulai sekarang. Jangan membuatnya dahulu jika anda masih berpikir tentang tujuannya.


  3. Lakukan registrasi terhadap nama domain dan gunakan website builder

                           

    Pilih website builder yang sekiranya tepat dan cocok serta dapat mendukung anda dalam melakukan pembuatan website. Terdapat banyak pilihan website builder yang bisa anda pilih. Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangan, pastikan sudah melakukan riset terhadap pilihan website builder tersebut.

    * Pastikan juga anda sudah membuat akun untuk website buider tersebut sebelum nantinya lanjut menentukan nama domain atau melakukan registrasi domain. Bluehost dapat menjadi pilihan bagus jika anda memilih WordPress sebagai website builder.

    * Dalam memilih nama domain, pastikan anda memilih nama yang unik dan relevan dengan konten yang akan dimuat di dalamnya.

    * Pilih desain dari template tersedia yang sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat memilih desainnya sesuai dengan tema website.

    * Jika kurang puas, anda bisa melakukan kustomisasi dengan mengotak-atik template yang sudah tersedia.

    * Masukkan beberapa informasi penting sebagai perkenalan terhadap website anda.

    * Lakukan pengecekan dan pengetesan terhadap website anda yang sudah siap.

    * Jika sudah, anda dapat melakukan publikasi terhadap situs tersebut di internet.


  4. Tambahkan plugin untuk menunjang pembuatan maupun penyuntingan terhadap konten anda

    Plugin menjalin kerja sama dengan tema website yang anda pilih guna menyediakan fungsionalitas yang anda inginkan. Beberapa di antaranya seperti filter untuk komentar, formulir kontak, maupun alat pengoptimalan mesin telusur (SEO). Selain itu, terdapat juga plugin yang cocok bagi situs e-Commerce anda.

    Plugin-plugin ini bisa ditambahkan dengan mudahnya, beberapa mungkin bersifat berbayar sehingga anda harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menambahkannya.


  5. Lakukan pembuatan konten pada situs anda

                               

    Pada langkah ini, kami serahkan cara maupun strategi pembuatannya pada anda. Namun, perlu diingat bahwa saat anda membuat atau menambahkan konten pada situs anda, akan sangat membantu jika anda mencari inspirasi dari situs-situs lain yang sudah ada dengan fungsi serupa.

#Web Hosting
Join the conversation
Post a Comment
Top comments Newest first