Featured Post
Tidak ada notifikasi baru.
Appearance
Customize the appearance of the rxhmadi.com to reduce glare and rest your eyes.

Cara Mendapatkan Uang dengan Afiliasi Marketing

Cara Mendapatkan Uang dengan Afiliasi Marketing
Table of Contents
rxhmadi.com  -  Mari mendulang rupiah dengan mempromosikan produk milik orang lain dan dapatkan komisi! Jika kamu seorang konten kreator atau gemar bermain sosial media manfaatkan audiens kamu untuk menghasilkan uang. sebelum lebih jauh yuk pahami dulu apa itu Affiliate Marketing?

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).

Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam Sistem Affiliate Marketing, yaitu:
  • Merchant : Pihak ini juga kadang disebut sebagai creator atau brand. Apa pun penyebutannya, pihak inilah yang memegang kepemilikan atas suatu produk.

  • Affiliate : Disebut juga sebagai publisher, affiliate memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang-orang agar membeli suatu produk. Biasanya pihak ini meliputi blogger, influencer Instagram, atau perusahaan yang berjalan khusus di bidang affiliate marketing.

  • Pelanggan : Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan kalau pihak inilah yang akan melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipromosikan oleh si affiliate.

Belakangan ini, jumlah perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing semakin meningkat, termasuk Shopee Affiliate Program, Niagahoster, Tokopedia Affiliate Program, dll. Saking banyaknya perusahaan yang mengadakan program ini, Anda harus benar-benar selektif. Pilihlah program yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda agar bisa memperoleh hasil yang terbaik serta menguntungkan.

Cara Kerja Affiliate Program



Jika Anda ingin menjalankan affiliate marketing secara maksimal, maka Anda harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi dan Anda akan mendapat sebuah link Afiliasi.

Kemudian Anda mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan pembelian, maka Anda mendapatkan komisi.

Untuk komisi atau bayaran yang diberikan besarnya bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual.

Affiliate marketing ini adalah model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki website sendiri.

Menentukan Media Promosi


Menentukan media promosi juga tidak kalah penting dari tips sebelumnya. Media promosi di sini adalah tempat atau platform dimana Anda akan memasarkan produk dan membagikan affiliate link dari merchant.

Beberapa media promosi yang dapat dipilih antara lain media sosial (seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan TikTok), blog, dan website.

Apabila Anda seorang content creator atau influencer di media sosial, maka Anda beruntung karena dengan menjadi content creator itu artinya Anda telah memiliki audience sendiri yang dapat dijadikan sebagai target pemasaran produk afiliasi.
#Affiliate Marketing
Join the conversation
Post a Comment
Top comments Newest first