Featured Post

LIVE: Indonesia VS Irak

Langsung Gas Ke Siaran Langsung INDONESIA VS IRAK Streaming Sekarang Cara Menonton streaming: Klik tombol …
LIVE: Indonesia VS Irak
Tidak ada notifikasi baru.
Appearance
Customize the appearance of the rxhmadi.com to reduce glare and rest your eyes.

Cara Mengecek Apakah Kamu Memenuhi Persyaratan Monetisasi Instagram?

Cara Mengecek Apakah Kamu Memenuhi Persyaratan Monetisasi Instagram?
Table of Contents


rxhmadi.com - Facebook Adbreak Monetization udah lama, nah sekarang ada Instagram Monetisasi nih. Apakah Kamu aktif bermain instagram? Kamu bisa mendapatkan uang dari upload konten di instagram loh. Berikut adalah tentang Apa saja syarat untuk monetisasi instagram, dan bagaimana untuk memulai mendapatkan uang dari instagram.

Cara Mengaktifkan Fitur Badges di Instagram

Untuk mengaktifkan fitur Badges yang dapat digunakan untuk memonetisasi akun Instagram Anda, pengguna harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Instagram, seperti berusia di atas 18 tahun, memiliki lebih dari 10.000 follower, dan berdomisili di Amerika Serikat.

Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur Badges baru bisa digunakan di Amerika Serikat, sementara untuk negara lain masih belum bisa menggunakan fitur tersebut.

Setelah memenuhi syarat di atas, pengguna dapat mengaktifkan fitur Badges dengan cara buka Profil di akun Instagram Anda, kemudian pilih menu titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik "Profesional Dasboard".

Setelah itu, klik "Apply for Monetization", kemudian klik "Setup Badges" pada kolom yang tersedia. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan uang dari follower yang telah membeli badges di aplikasi Instagram.

Bagi pengguna atau follower yang memberikan Badges kepada konten koreator Instagram, akan mendapat sejumlah keuntungan antara di antaranya Badges akan muncul disebelah username Instagram pengguna selama IG Live berlangsung.

Kemudian Username Instagram pengguna muncul di daftar yang dapat dilihat oleh kreator hingga 90 hari. Jika pengguna mengajukan pertanyaan selama Instagram Live, pertanyaan pengguna akan di-highlight ke content creator.

Jika pengguna berkomentar selama live Instagram berlangsung, komentar tersebut akan disematkan (pin) oleh kreator. Saat memberikan hati selama siaran berlangsung, hati tersebut akan di-highlight (menjadi warna ungu).

Demikianlah syarat yang harus dipenuhi dan cara mengaktifkan fitur Badges di Instagram, supaya konten kreator dapat menghasilkan uang dari setiap konten yang mereka buat.

Syarat Monetisasi Instagram

Bagi influencer yang memiliki banyak pengikut tentunya akan terus menerus melakukan interaksi guna mendekatkan diri dengan komunitas yang dimiliki.

Pendekatannya pun bermacam-macam, mulai dari membalas komentar dan direct message, melakukan sesi tanya jawab di instagram story, atau komunikasi dua arah menggunakan instagram live.

Fitur siaran langsung ini juga digemari oleh pengguna instagram sebagai media interaksi yang efektif dan potensi komunikasi secara langsung dengan perantara video.

Instagram melihat antusiasme pengguna instagram yang tinggi dalam fitur siaran langsung sehingga meluncurkan badges untuk monetisasi instagrm.

Namun, apakah badges dan bagaimana influencer mengaktifkannya di instagram mereka?

Apa Itu Badges Monetisasi Instagram

Saat ini pengguna instagram yang menonton siaran langsung tidak hanya bisa melakukan interaksi dengan memberikan komentar atau tanda suka selama instagram live berlangsung namun saat ini telah tersedia badges instagram.

Badges sendiri merupakan bagian dari monetisasi instagram dimana penonton bisa memberikan dukungan kepada kreator dengan mengirimkan lencana yang bernilai sejumlah nominal uang tertentu.

Di saat penonton membeli badges instagram maka ikon hati akan muncul di samping nama komentator. Bagdes instagram sendiri memiliki fakta tersembunyi, diantaranya :

  • Badges instagram akan tetap muncul di samping nama komentator selama instagra live berlangsung
  • Ikon hati akan menjadi highlight selama penonton mengikuti instagram live tersebut
  • Nama komentator akan tersimpan di akun kreator sebagai pemberi badges instagram selama 3 bulan
  • Pengguna instagram yang membeli badges instagram akan memiliki kesempatan besar untuk disorot saat mengajukan pertanyaan selama siaran langsung
  • Penonton akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian lebih dari kreator dari penyematan pertanyaan.
Saat penonton membeli badges instagram sesuai level masing-masing maka kreator akan mendapatkan uang dalam jumlah berikut :
  • Level 1 : Badges 1 hati seharga Rp.14.000
  • Level 2 : Badges 2 hati seharga Rp 28.200
  • Level 3 : Badges 3 hati seharga Rp 70.800
Harga badges instagram tersebut merupakan hasil konversi mata uang dollar sehingga bisa saja harga badges tersebut berganti setelah masuk ke Indonesia.

Keuntungan lain dari mendapatkan badges instagram adalah instagram tidak akan memotong penghasilan monetisasi instagram sampai tahun 2023 sehingga kreator akan mendapatkan uang tunai secara utuh dari instagram.

Meskipun begitu, jangan lupa juga bahwa kreator akan dihadapkan sejumlah pajak yang harus dibayar setelah mendapatkan hasil monetisasi instagram.

Syarat Badges Monetisasi Instagram

Hasil yang menggiurkan dari monetisasi instagram tentunya membuat kreator tertarik untuk mengikuti program monetisasi instagram ini.

Namun, tidak semua akun instagram bisa mengaktifkan layanan ini karena ada kriteria tertentu dalam mendapatkan monetisasi instagram.

Berikut syarat-syarat yang dipenuhi dalam mendapatkan badges instagram :
  • Kreator atau influencer harus berdomisili di Amerika Serikat, namun dengan rencana instagram yang berencana memperluas layanan monetisasi instagram mungkin saja anda tidak perlu tinggal di AS terlebih dahulu
  • Pemilik akun instagram setidaknya harus berumur 18 tahun, hal ini dilakukan untuk mencegah monetisasi instagram dilakukan untuk hal yang tidak semestinya dan mengikuti peraturan usia dewasa.
  • Menggunakan akun instagram business atau creator, kepemilikan ini dilakuka agar mempermudah instagram dalam mengubah badges instagram anda ke sejumlah uang yang diperoleh melalui data pribadi yang lebih lengkap.
  • Akun instagram memiliki 10.000 pengikut asli yang di dapatkan secara organik bukan dari hasil beli followers instagram.
  • Kreator juga harus mematuhi berbagai peraturan yang di tetapkan oleh Instagram termasuk Kebijakan Monetisasi Mitra, Kebijakan Monetisasi Konten, dan Pedoman Komunitas.
Apabila kreator sudah memenuhi berbagai persyaratan tersebut maka inilah saatnya mengaktifkan badges monetisasi instagram.

Cara Mendapatkan Badges Monetisasi Instagram

  1. Pertama, masuk ke akun instagram yang dimiliki kemudian pilih menu profile
  2. Kedua, masuk ke ikon Professional dashboard
  3. Ketiga, pilih opsi Apply for Monetization
  4. Keempat, Set Up Badges
Tunggu instagram melakukan konfirmasi monetisasi instagram anda sambil membuat ide konten instagram live yang kreatif agar pengikut anda tertarik melakukan live streaming setiap harinya.

Tips Monetisasi Instagram Efektif

Meskipun monetisasi instagram digunakan untuk mengumpulkan badges dari instagram live namun kreator juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan uang dari instagram tentunya dengan hasil yang lebih banyak.

Berikut beberapa alternatif monetisasi instagram yang efektif guna menghasilkan uang dari instagram.

Kerjasama dengan Brand Tertentu

Seorang influencer atau kreator yang telah memiliki jutaan pengikut serta memiliki komunitas yang kuat biasanya akan lebih mudah mempengaruhi seseorang untuk membeli produk yang sering mereka gunakan.

Hal ini sering terjadi pada konsumen wanita yang biasanya membeli barang berdasarkan rekomendasi atau ulasan dari influencer tertentu. Pengaruh yang besar serta komunitas yang kuat menjadikan sebuah brand tertarik untuk melakukan kerjasama dengan influencer tertentu.

Praktek kerjasama pun bisa bermacam-macam, mulai dari endorsement hingga brand ambassador brand tertentu dalam jangka waktu tertentu. Di saat kreator sudah menjalin kerjasama dengan banyak brand serta memberikan hasil terbaik dalam pengenalan produk hingga dapat membantu menaikkan penjualan maka bisa saja kreator mendapatkan hasil yang lumayan.

Kerjasama dengan brand tertentu juga bisa menjadi monetisasi instagram yang tepat karena kreator cukup memanfaatkan fitur instagram untuk membuat konten yang menarik serta diminati oleh konsumen yang diinginkan.

Proses monetisasi instagram melalui kerjasama dengan brand tertentu dianggap menjadi jalan yang lebih mudah karena influencer bisa mendapatkan tawaran dari brand terkenal serta melakukan negosiasi mengenai hasil yang di dapatkan serta konten yang dipakai untuk promosi.

Sehingga semakin banyak brand yang mengajak kreator melakukan kerja sama maka hasil monetisasi instagram yang di dapatkan pun semakin banyak. Akan tetapi, sebelum mencapai titik tersebut tentunya kreator harus membangun komunitas secara bertahap dan konsisten membuat konten setiap harinya mengenai trend yang sedang naik daun dan dibicarakan oleh komunitas yang dimiliki.

Di sisi lain, sebelum anda melakukan kerjasama dengan brand maka terdapat beberapa persyaratan yang sebaiknya kreator lakukan :
  • Pada konten instagram feed atau story yang digunakan untuk promosi maka harus dicantumkan label paid partnership untuk label sebagai tanda anda sedang melakukan promosi dengan produk tertentu.
  • Setiap konten yang diunggah mengandung tagar #ad atau #sponsored tag
  • Meskipun tidak ada batasan pengikut instagram yang dapat memenuhi monetisasi instagram untuk kerjasama dengan brand tertentu namun jumlah pengikut organik mencapai 10.000 orang akan mendapatkan pertimbangan khusus saat melakukan kerjasama dengan seseorang.
  • Kreator juga sebaiknya memiliki branding khusus yang membuat sebuah brand tertarik untuk mengajak anda melakukan kolaborasi selain memiliki banyak pengikut aktif dan organik.
#facebook #Internet #Monetisasi
Join the conversation
Post a Comment
Top comments Newest first