Featured Post
Tidak ada notifikasi baru.
Appearance
Customize the appearance of the rxhmadi.com to reduce glare and rest your eyes.

Pengertian Open Source dan Contohnya - Apa Itu Open Source?

Istilah open source secara umum mengacu pada sesuatu yang dapat dimodifikasi dan dibagikan antar pengguna dengan akses terbuka atau sumber terbuka.
Table of Contents

 Tentunya kamu pernah mendengar tentang Open Source khususnya dalam bidang Teknologi Informasi. Nah bagi kamu yang masih awam tentang pengertian Open Source, yuk simak ulasan sederhana ini.

Apa itu Open Source?

Open source merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang dapat diakses dan dimodifikasi dengan basis komunitas

Istilah open source secara umum mengacu pada sesuatu yang dapat dimodifikasi dan dibagikan antar pengguna dengan akses terbuka atau sumber terbuka. Open source mulanya dikenal dalam ranah pengembangan perangkat lunak sebagai OSS atau open source software. Open source software sendiri merupakan kode pengembangan yang dapat diakses publik atau siapapun untuk melihat, memodifikasi, dan mendistribusikan kode sesuai keinginan mereka.

Secara teknis, open source mengacu pada pengembangan perangkat lunak yang terdesentralisasi dan bersifat kolaboratif. Hal ini juga didukung dengan adanya peer review serta produksi berbasis komunitas. Seperti pada umumnya suatu produk yang dapat diakses luas dan inklusif, open source software umumnya lebih murah dan lebih fleksibel daripada produk eksklusif serupa.

Menurut sejarahnya, sistem berbagi kode secara open source mulai dirintis oleh Richard Stallman pada 1983. Sebagai programmer lulusan Massachusetts Institute of Technology, Stallman meyakini bahwa perangkat lunak harus dapat diakses oleh banyak programmer agar mereka dapat memodifikasinya sesuai keinginan dan memahaminya serta meningkatkannya.

Stallman lantas mulai merilis kode terbuka di bawah sebuah lisensinya sendiri, yaitu GNU Public License (GPL) pada 1989. Baru satu dekade kemudian, pendekatan dan ideologi terkait pengembangan kreatif perangkat lunak menghasilkan apa yang disebut open source initiative (OSI) pada 1998 sebagai tonggak pengembangan open source antar programmer.

Jenis-jenis software open source

Open source software memiliki banyak jenis tergantung peruntukannya

Berikut ini adalah beberapa jenis software open source yang populer digunakan untuk urusan bisnis.


1. Open Source Software

Open source software merupakan perangkat lunak yang menunjang produktivitas kantor berbasis open source. Open source software jenis ini umumnya meliputi aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Spreadsheet, database, grafis, dan presentasi. Beberapa OSS office antara lain seperti Libre Office, Open Office, dan Abiword

2. Open Source Accounting Software

OSS accounting merupakan perangkat lunak akuntansi yang digunakan untuk menangani pembukuan dan aktivitas keuangan di suatu perusahaan atau institusi. Open source software jenis ini dapat membantu mengumpulkan data, informasi akuntansi, mengatur akun, dan otomatisasi tugas akuntansi yang berulang. Contoh open source software jenis ini antara lain GNU Cash, Front Accounting, dan Odoo.

3. Open Source Website Software

Jenis open source website software merupakan OSS yang berbasis situs jejaring bebas akses dan terbuka. Situs ini pada umumnya dapat dibuat dan digunakan secara terbuka dengan penawaran gratis maupun berbayar. Beberapa contoh open source website software adalah WordPress, Joomla, dan NginX.

4. Open Source Browser and Communications Apps

Open source browser merupakan perangkat lunak mesin peramban yang bisa diakses secara gratis. Sedangkan OSS Communication pada dasarnya layanan berbagi surel atau pesan. Contoh open source software jenis ini adalah Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird, dan Pidgin.


Contoh Software Open Source

Mozilla Firefox merupakan salah satu contoh software open source jenis browser

Beberapa OSS umumnya dapat ditemukan secara mudah di berbagai mesin peramban atau justru telah terinstal pada perangkat desktop maupun laptop milik kamu. Beberapa open source software yang umum digunakan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mozilla Firefox, perangkat lunak ini adalah mesin peramban yang umum digunakan atau sudah terpasang di berbagai perangkat dan memiliki keunggulan lebih ringan daripada mesin peramban konvensional
  • VLC Media Player, merupakan perangkat lunak pemutar audio dan video yang juga mudah diunduh secara gratis lewat mesin peramban
  • LibreOffice, merupakan kumpulan perangkat untuk pengolahan kata, angka, presentasi, grafis vektor, dan lain-lain seperti peran Microsoft Office


Nah, berikut tadi adalah beberapa hal mengenai open source software (OSS) yang perlu kamu ketahui jika tertarik untuk belajar menjadi programmer.

sumber :
  1. redhat.com 
  2. hopensource.com
  3. nibusinessinfo.co.uk
#Internet #Technology
Join the conversation
Post a Comment
Top comments Newest first